Bahaya Gadget Bagi Anak




Di zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi, segala sesuatu bisa diselesaikan secara online di depan laptop ataupun di depan gadget, namun gadget akan sangat berbahaya jika diberikan kepada anak yang belum membutuhkan gadget (balita). Tapi masih banyak kenyatannya di sekitar kita orang tua yang dengan mudahnya memberikan gadget kepada anaknya walaupun mereka belum benar-benar butuh padahal ini sesuatu yang berbahaya bagi anak.

Alasan yang digunakan oleh para orang tua sangatlah umum yakni “biar anak duduk anteng ga ngganggu kesibukan orang tua” ada pula alasan yang berpihak pada anak yakni “supaya anak bahagia”. Gadget yang diberikan bukanlah gadget tanpa isi tapi penuh dengan game dan hal yang membuatnya senang.

Anak usia balita bias dikatakan masa dimana otak tumbuh dengan sangat pesat. Tapi perkembangan yang sangat pesat ini akan terhambat bahkan akan melemah jika pada umur balita sudah dibiasakan bermain gadget tanpa control waktu. Adapun dampak dan pengaruh negative yang gadget berikan pada anak adalah sebagai berikut:

1. Susah Tidur

Anak yang sering menghadap ke layar gadget memiliki dampak buruk susah tidur, akrena hamper semua gadget yang sekarang diproduksi mengeluarkan blue light yang menyerupai dengan cahaya pada siang hari, sehingga dapat membingungkan organtubuh anak usia balita. Apabila pada malam hari sang balita susah tidur dianjurkan untuk memeberlakukan program meninggalkan gadget 1-3 jam sebelum tidur, lebih baik digunakan untuk membacakan buku cerita atau lainnya yang lebih bermanfaat.

2. Kurang Gerak Dan Begaul

Sudah menjadi hal lumrah jika anak usia balita tidak bisa diam dan selalu berlari kesana kemari, lompat-lompat, menari dan bermain bersama temannya, semua itu demi membantu pertumbuhan fisik anak supaya sehat dan kuat.namun berbeda jika anak diberikan gadget sudah pasti dia akan duduk saja menikmati apa yang terlihat pada layar gadgetnya tanpa memperdulikan sekitarnya yang mengakibatkan anak tidak bias bergaul dengan teman seumurannya.

3. Gangguan Pada Mata Dan Sakit Pada Bagian Tubuh

Terlalu sering menatap layar gadget bias mengakibatkan pandangan kabur / buram, olehkarenanya orang tua harus mengajarkan sejak kecil untuk memberikan jeda istirahat 10-20 menit dalam menatap layar serta mengatur tingkat keterangan layar sehingga tidak merusak mata. Selain mengganggu fungsi mata sering bermain gadget juga dapat menyebabkan sakit pada anggota tubuh sseperti bahu, leher, punggung dan tangan anak. Ajarkan anak untuk berisitirahat dan ajarkan juga posisi duduk yang baik sehingga tidak berakibat sakit pada bagian tubuh.

4. Konsentrasi Menjadi Pendek

Terlalu lama bermain gadget ternyata dapat membuat anak sulit berkonsentrasi dalam jangka waktu lama, olehkarena itu orang tua disarankan untuk sering berkomunikasi dengan anak supaya anak lebih senang bermain dengan orang tua ketimbang bermain di depan layar gadget. Hal ini demi kesehatan anak dan juga masa depan anak.


Jadi setelah membaca bahayanya gadget pada anak diharapkan mulai sekarang orang tua tidak menganggap remeh gadget yang digunakan oleh anak tercinta, selain memiliki banyak sekali kegunaan namun menggunakan gadget tanpa pengawasan dan pemanduan dari orang tua juga dapat membahayakan anak itu sendiri. Semoga info ini bermanfaat.
Previous
Next Post »