Gigi Dan Mulut Sehat Awal Dari Rasa Percaya Diri

Gigi dan mulut adalah panca indra vital yang patut diutamakan pemeliharaannya. Oleh sebab itu menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat wajib Anda lakukan sebelum terlambat atau penyakit lain datang. Salah satu cara yang sederhana untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin dengan pasta gigi. Biasakanlah untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosoknya tiap hari. 

Tapi ketahuilah bahwa menggosok gigi secara teratur belum tentu efektif sebagai cara merawat gigi jika tekniknya kurang tepat. Sudah menyikat gigi dua kali sehari, tapi masalah gigi dan gusi masih sering terjadi? Barangkali cara Anda menyikat gigi masih belum tepat. Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat menjadi panduan.

Jadikan bagian dari rutinitas : Jadikan menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas wajib, setelah makan atau setidaknya pagi dan malam sebelum tidur.

Jangan terlalu sering : Menggosok gigi 2-3 kali sehari sebagai cara merawat gigi adalah jumlah yang ideal. Tetapi menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi.

Tidak terlalu kuat : Selain terlalu sering, menggosok gigi terlalu kencang juga berisiko merusak gigi dan gusi. Agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan lebih baik, pegang gagang sikat seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal.

Tidak buru-buru : Agar penyikatan gigi dapat dilakukan dengan lebih seksama, beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi: samping kanan, samping kiri, dan bagian depan.

Teknik yang baik : Pegang sikat Anda pada sudut 45 derajat dari gusi dan gerakkan sikat dari kanan ke kiri berulang kali di sepanjang gigi. Sikat permukaan gigi bagian luar dan dalam, serta geraham belakang.

Sikat juga lidah dan sisi dalam pipi : Selain pada permukaan gigi, bakteri juga terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi. Sikat juga bagian ini dengan lembut secara teratur untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Beberapa merek menyediakan alat khusus untuk membersihkan lidah.

Berkumur : Berkumurlah dengan air bersih tiap setelah selesai menggosok tiap bagian. Mengakhirinya dengan obat kumur antiseptik akan makin menunjang kebersihan mulut dan kesegaran bau napas.

Meskipun banyak orang  yang sudah merasa nyaman membersihkan gigi dan mulut dengan hanya menyikat gigi saja. Namun, ada sebagian orang yang masih belum lengkap dan nyaman rasanya jika belum menggunakan mouthwash. Bagi sebagian orang, menjaga kesehatan mulut tidak hanya dengan rajin menggosok gigi secara teratur. Menggunakan mouthwash bisa menjadi alternatif tambahan agar kesegaran mulut dapat terus terjaga. Menggunakan mouthwash setiap hari secara rutin dapat mencegah plak mengeras, serta membantu mengurangi kemungkinan penyakit gusi, gigi berlubang dan infeksi bakteri pada mulut. Namun, terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan mulut lantaran dapat menyebabkan plak gigi berlubang dan penyakit gusi.

Untuk itu, carilah produk mouthwash yang memastikan Anda aman dari bahaya tersebut. Karena bentuknya larutan, mouthwash mampu menjangkau bagian yang tidak tersentuh ketika menyikat gigi, sehingga peluang gigi berlubang dan terbentuknya plak lebih kecil. Bahan antibakteri dalam mouthwash dapat menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga dengan berkurangnya bakteri pada mulut maka nafas akan segar lebih lama. Mouthwash dapat menghilangkan infeksi, mencegah karies gigi dan berbagai penyakit rongga mulut lainnya.
Berkumur dengan mouthwash yang mengandung fluorida dapat membantu mencegah gigi berlubang. karena fluorida melindungi gigi melawan kerusakan berlubang. Carilah mouthwash yang mengandung fluorida pada label atau daftar bahan. Sebab, tidak semua produk mempunyai jenis zat pelindung tersebut. Mouthwash bekerja dengan lembut mengangkat sisa kotoran, mouthwash digunakan setelah menyikat gigi. Hal ini merupakan langkah terakhir yang sempurna dalam perawatan mulut dan gigi. Dengan memperhatikan kesehatan mulut, selain membuat tubuh sehat juga dapat memberikan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas harian Anda.

Jika setelah dirawat dan melakukan semua hal diatas, dan gigi anda tetap rusak atau terlanjur rusak, maka perawatan harus dilakukan secara komprehensif untuk kondisi gigi, namun juga memerlukan kerja sama yang baik diantara dokter gigi serta pasien guna memperoleh keberhasilan dalam perawatan. Kepercayaan serta komunikasi diantara pasien serta dokter gigi memegang peranan yang penting, sebagai pasien anda berhak mengetahui perawatan yang nanti akan dilakukan serta juga mengenai alternatif perawatan yang lainnya.

StarOfService dengan daftar lengkap dokter gigi terpercaya dan  handal di setiap kota sehingga anda bisa mendapatkan dokter gigi dengan kriteria yang anda inginkan, dan dilengkapi dengan sertifikat legal profesi dokter gigi dan pengalaman dalam bidang kesehatan gigi dan mulut. Sehat tidak sulit dengan bantuan platform StarOfService.
Previous
Next Post »