Ini Alasan Mengapa Pijat Bayi Itu Penting


Siapa yang tak asing dengan istilah pijat bayi, rutinitas yang disarankan pada bayi semenjak usia 2 atau 3 bulan ini telah banyak dilakukan oleh para orang tua. Bahkan ada beberapa yang menganggapnya sebagai rutinitas paten secara turun temurun ketika memiliki buah hati. Dahulu, sebagian orang lebih mempercayakan bayinya untuk dipijat ke dukun pijat. Terlebih saat sang anak mengalami gangguan kesehatan seperti nafsu makan berkurang, susah tidur, batuk, pilek dan semacamnya. Namun kini, seiring dengan berkembangnya jaman yang semakin modern tak sedikit kita temui di kota-kota besar klinik atau jasa pijat khusus bayi. Bertolak dari semua itu, ada pula beberapa orang tua (baru) yang enggan memijatkan anaknya. Dengan berbagai alasan yang intinya takut terjadi apa-apa dengan sang buah hati. Bisa jadi Anda salah satu yang memiliki rasa takut itu.

Sesungguhnya tahukah Anda bahwa pijat bayi itu sangat penting? Berikut beberapa alasannya:

1. Membuat anak jadi sukar dihampiri penyakit, selain membuat nafsu makan bertambah juga dapat melancarkan proses pencernaan anak.
2. Membantu bayi dalam mengambangkan bahasa tubuhnya yaitu melalui sentuhan lembut. Juga dapat mempererat hubungan bayi dengan si orang tua.
3.  Bayi yang sering dipijat akan jarang terkena sembelit serta diare.
4. Memijat bayi juga memperlancar proses peredaran darahnya.
5. Membuat bayi merasa tenang, nyaman dan bayi akan tumbuh dengan lebih riang serta gembira.
6. Terakhir, bayi yang sering dipijat juga akan jarang mengalami gangguan psikologis dan emosional.

Nah, bagi Anda para orang tua yang sudah tahu betapa pentingnya pijat bayi, berikut beberapa tips yang dapat orang tua lakukan sendiri di rumah tanpa harus repot-repot membawa si buah hati ke dukun pijat atau klinik pijat bayi.

1. Usahakan agar ruangan tempat Anda memijat bayi bersuhu hangat, dengan suasana tenang yang akan membuat sang bayi merasa nyaman.
2. Siapkan segala kebutuhan yang diperlukan saat memijat. Seperti handuk, tatakan alas bayi, pakaian bersih dan popok.
3. Gunakanlah minyak gosok khusus bayi yang aman dan terpercaya seperti baby oil Zwitsal. Lembut dan sangat cocok untuk kulit bayi.
4. Mulailah memijat dari bagian kaki bayi, lakukan dengan pijatan yang halus dan lembut. Jangan terlalu keras.
5. Yang paling penting pijatlah bayi ketika dia merasa nyaman dan senang. Jangan memaksakan untuk dipijat apabila bayi merasa tidak nyaman dan rewel.
6.  Hendaknya pijat bayi dilakukan pada waktu pagi dan sore hari.
7. Hendaknya bayi dipijat setelah menyusui dan menjelang waktu tidur.

So, itulah beberapa manfaat dan tips untuk seluruh orang tua dan calon orang tua dalam merawat dan menjaga buah hati. Semoga bermanfaat.   
Previous
Next Post »