Rumah Minimalis Full Bangunan

Rumah minimalis – Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis, di mana pada siang hari suhu udaranya mencapai 28°-34°C. Hal ini berpengaruh pada ciri khas bangunan Indonesia yang memiliki bukaan luas untuk menjaga sirkulasi udaranya.


Penerapan bukaan/ventilasi yang luas, dapat dengan mudah diterapkan pada rumah di pedesaan. Sebaliknya, hal ini terasa lebih sulit penerapannya untuk rumah di perkotaan. Mengingat terbatasnya lahan.

Saat ini, desain rumah di perkotaan mengusung konsep minimalis full bangunan. Konsep ini memanfaatkan lahan secara optimal untuk dijadikan bangunan. Bahkan, terkadang pada beberapa rumah, bukaan yang dijumpai minim. Apakah hawanya tidak panas?

Dengan bukaan yang minim, rumah minimalis full bangunan memang rawan panas. Akses mendapatkan pencahayaan dan penghawaan hanya mengandalkan muka depan dan belakang rumah. Sementara, sisi samping rumah sudah berhimpit dengan bangunan lainnya.

Secara praktis, Anda dapat menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan dalam rumah full bangunan. Begitu juga dengan penggunaan lampu di siang hari. Namun, cara ini memiliki kelemahan karena membutuhkan lebih banyak sumber listrik. 

Cara Mendapatkan Pencahayaan dan Penghawaan Alami pada Rumah:

1. Untuk mendapatkan pencahayaan alami pada rumah full bangunan, Anda dapat menggunakan beberapa buah genteng kaca.

2. Solusi lain untuk mendapatkan pencahayaan alami adalah menggunakan tubular system. Tubular system adalah tabung reflektor cahaya berbentuk cerobong yang diletakkan pada plafond rumah. Tabung ini mengumpulkan cahaya dan kemudian menyebarkannya.

3. Sementara untuk mendapatkan penghawaan alami, dapat memanfaatkan prinsip aliran udara. Angin bergerak dari tempat tekanan tinggi ke tekanan rendah. Anda dapat meletakkan ventilasi dengan ketinggian yang berbeda di muka depan dan belakang rumah.

4. Solusi lainnya dengan menanam pohon pada sisi bangunan yang memiliki ventilasi lebih rendah. Angin akan mengalir dari sisi tersebut menuju sisi berlawanan yang memiliki ventilasi lebih tinggi.

5. Sebagai catatan, untuk mendapatkan penghawaan alami harus memperhatikan letak bukaan/ventilasi. Bukaan yang diletakkan pada sisi yang sama/hanya pada satu sisi, tidak memiliki manfaat sejuk.

Dengan mengetahui tips di atas, rumah minimalis full bangunan bebas pengap dan gelap. Anda pun dapat menghemat pengeluaran biaya listrik.
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar