Yuk Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Panci Stainless Steel

Dalam masak memasak pasti membutuhkan yang namanya peralatan masak mulai dari wajan, panci, sodet, pisau, dll. Memilih peralatan masak pun harus cermat dan harus diperhatikan secara benar agar masakan yang kita buat tidak terkontaminasi dengan bahan - bahan atau zat berbahaya yang terkandung dalam material peralatan dapur, yang dapat membahayakan kesehatan. Alih - alih ingin hidup sehat dengan membuat makanan sendiri di rumah, malah sama saja karena terkontaminasi dengan bahan peralatan yang salah.

Salah satu peralatan masak dapur yang tidak dapat dipungkiri lagi sudah pasti ada disetiap rumah adalah panci. Panci biasanya digunakan untuk berbagai kegiatan memasak seperti memasak air, sayur, dan merebus bahan - bahan makanan. Biasanya peralatan masak memiliki berbagai macam jenis serta bahan material pembuatnya seperti dari aluminium, stainless steel, tembaga, teflon, besi dll.

Stainless steel adalah salah satu bahan atau material yang kini banyak menjadi pilihan sebagai bahan material dalam berbagai peralatan masak seperti panci stainless steel. Harga jual panci dipasaran sendiri pun beragam, tergantung dari kualitas atau bahan dari panci itu sendiri. Panci stainless steel kini banyak menjadi pilihan karena ketahanan dan kemudahan dalam perawatannya, sehingga membuat panci berbahan material stainless ini banyak dipilih oleh kalangan pengguna dapur rumah tangga.

Tapi tahukah Anda kelebihan dan kekurangan bahan stainless steel pada peralatan masak dapaur seperti panci? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Stainless Steel Pada Panci

Kelebihan
  • Bahan stainless steel mudah dibersihkan
  • Mudah dirawat cukup dengan air bersih dan sabun cuci piring
  • Bahan stainless steel tidak menimbulkan zat yang beraksi yang dapat mengkontaminasikan makanan, sehingga aman untuk digunakan membuat berbagai macam masakan
  • Lebih tahan lama
  • Lebih kuat dan tidak mudah bocor
  • Harga jual panci stainless steel juga cukup terjangkau
Kekurangan
  • Stainless steel merupakan penghantar panas yang kurang cukup baik, sehingga biasanya ditambahkan material tembaga atau aluminium pada bagian luar dasar panci
  • Bahan satinless tidak tahan jika terkena garam secara terus menerus
  • Lebih mudah menghitam, sehingga Anda bisa melapisi panci dengan sabun terlebih dahulu agar panci lebih mudah dibersihkan.
Previous
Next Post »