Waspda Virus Petya! Langkah Mudah Menghindari Virus Ransomware Petya


Pemerintah indonesia mulai menghimbau kepada masyarakat atas serangan global dari virus ransomware baru yang telah menyerang sebagian besar negara di Eropa. Virus ini bernama “ransomware petya”.

Pemerintah melalui kementrian komunikasi dan informasi telah memberikan himbauan bagi para pengguna laptop untuk mewaspadai virus ini dengan beberapa langkah pencegahan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah nyalakan komputer Anda dan matikan hotspot/wifi serta jangan lupa cabut koneksi kabel LAN sementara demi keamanan file-file penting di komputer Anda. Pastikan data Anda sudah diamankan.

Kedua, segera pindahkan data yang ada dalam komputer ke sistem operasi non windows seperti linux ataupun Mac. Bisa juga Anda pindahkan data Anda ke media storage terpisah seperti flashdisk atau sejenisnya.

Bagi masyarakat yang faham betul dengan teknologi informasi bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Seperti meng-update security pada windows dangan menginstall patch MS17 yang telah resmi dikeluarkan oleh microsoft.

Saya sarankan untuk updating dilakukan dengan cara mengambil file patch dengan cara mendownload menggunakan komputer biasa, bukan laptop yang menjadi pemeran utama.

Lakukan juga updating antivirus semacam total security, eset, panda ataupun symantec yang dapat didownload versi trial 30 hari pertama gratis dengan fungsi dan fitur premiun dan update. Anda juga harus pastikan bahwa antivirus tersebut mempunyai klasifikasi untuk menghalau virus ransomware masuk ke sistem komputer.

Pemerintah memfasilitasi masyarakat pengguna komputer jika ingin berkonsultasi terkait ransomware petya ini bisa menghubungi Aries K sebagai Dirjen Aptika di nomer 08567235183 atau bisa juga hubungi Didien dari id-SIRTI pada nomer 08119936071. Pihak kemenkominfo pun memberikan fasilitas konsultasi lagi terkait virus ini. Dengan menghubungi Noor Iza yang menjabat sebagai Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo di nomer 08119781518 atau bisa hubungi langsung ke kantor kemenkominfo di hari aktif kerja pada nomer 021-31925551 atau 021-31935556.

Selalu waspada pada semua aktifitas mencurigakan pada komputer Anda. Karena saat ini sedang ada penyerangan global oleh virus ransomware petya ke semua penjuru dunia. Cara penyebaran virus ini pun sama dengan ransomeware wannacry yakni melalui file atachment email dan melalui link ke situs malware. Waspadalah waspadalah!!!
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar