Tips Merawat Anak Kucing Persia

Merawat Anak Kucing Persia

Para pemelihara kucing tentu akan sangat bahagia ketika kucing kesayangannya melahirkan bayi-bayi kucing yang lebih lucu dan imut ketimbang induknya. Dengan lahirnya keluarga baru tentu akan menambah pekerjaan Anda dalam merawat anak peliharaan Anda. Hal ini tentu akan memakan waktu beserta tenaga sang pemilik dan pastinya merawat anak kucing bukanlah hal yang mudah dilakukan. Terlebih lagi jika kucing peliharaan Anda berjenis kucing persia, kucing yang sangat terkenal dan mendunia ini memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan. Kekurangan kucing ini adalah sangat pemalas, kerjaannya cuma makan, tidur, bermain dan pup. Hanya berputar di 3 siklus itu saja tak ada yang lain.

Merawat kucing persia harus diberikan perhatian khusus apalagi jika ternyata setelah melahirkan induknya mati atau memang sengaja dipisahkan dari induknya, tentu akan menjadi lebih sulit dan rumit karena induknya saja harus diberi perhatian khusus apalagi anaknya pasti lebih khusus lagi perawatannya. Namun jika perawatan ini Anda lakukan dengan tepat maka pertumbuhan anak kucing persia Anda akan sehat dan baik.

Lalu bagaimana cara merawat anak kucing persia dengan baik??

Kali ini saya akan berbagi sedikit tips merawat anak kucing persia, bagi Anda yang masih belum tahu betul bagaimana cara merawat anak kucing persia, berikut akan saya paparkan cara merawat anak kucing persia yang tepat dan sehat, silahkan disimak:

1. Menjaga Kesehatan Induk Kucing

Jika Anda tak kehilangan indukan kucing persia tentu pekerjaan Anda dalam merawat anaknya akan sedikit tertolong, asalkan Anda menjaga kesehatan indukannya terlebih dahulu sebelum berlanjut ke anaknya. Sebab anak kucing persia sejak pertama lahir hingga umur 3 bulan masih harus menyusu ke induknya. Jika induknya tidak sehat ataupun terjangkit penyakit ini akan berakibat fatal bagi kesehatan anak-anaknya kemungkinan besar akan terjangkit penyakit yang serupa dengan induknya.
Nah, jadi usahakan jaga kesehatan induknya supaya meringankan tugas Anda dalam merawat anak kucing serta pastikan bahwa anak kucing persia Anda mendapatkan susu dari Induknya.

2. Memberikan Asupan Makanan Untuk Anak Kucing

Perlu Anda ketahui juga para pemelihara kucing, bahwa Anda harus memberikan gizi tambahan kepada si anak kucing supaya selalu sehat dan tumbuh menjadi kucing yang sehat. Anda bisa memberikan susu, air mineral ataupun makanan lainnya yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan si anak kucing

Memang pada usia anak kucing dibawah 3 bulan, mereka masih menyusu pada induknya, namun jika Anda ingin memberikan susu tambahan untuk anak kucing hal ini diperbolehkan. Yang sangat dilarang adalah jangan berikan susu sapi karena akan berakibat pada pencernaan kucing. Selain susu, Anda juga bisa memberikannya air bersih untuk minum kucing persia. Pastikan taruh air di tempat khusus supaya tidak mengotori kandang dan tumpah kemana-mana.

Jika Anda ingin anak kucing Anda terlihat lebih gemuk dan berisi serta sehat, Anda bisa memberikan makanan kucing kepadanya tapi pastiakn bahwa makanan yang Anda berikan adalah makanan khusus anak kucing (kitten).

3. Memberikan Kandang Yang Baik

Hal ini memang hal remeh namun harus sangat diperhatikan, memberikan kandang yang baik bukan berarti memberikannya kandang yang mahal dan mewah, yang dimaksud adalah kebersihan dan kelayakan kandang. Anak kucing persia tentu rentan terserang penyakit. Jadi alangkah baiknya jika kandang kucing harus hangat, Anda bisa memberinya lampu ataupun kain yang sudah tak terpakai untuk alas tidur si anak kucing.

4. Memberikan Vaksin Dan Obat

Nah hal terakhir ini harus sering dilakukan oleh para pemelihara kucing, sebenarnya ini berlaku untuk semua umur kucing tidak hanya anak kucing saja. Hal ini bertujuan agar si induk kucing dan anaknya terhindar dari berbagai virus. Untuk vaksinasi jika belum faham saya sarankan untuk mendatangi dokter hewan saja supaya lebih aman. Tapi tak cukup hanya divaksinasi dan diberi obat saja. Untuk menghindari penyakit tentunya kucing juga harus dijaga kebersihannya salah satunya dengan memandikannya secara berkala.

Itulah tips merawat anak kucing persia, ternyata tak sesulit yang Anda bayangkan bukan. Jika Anak kucing persia masih memiliki induknya tentu perawatannya akan mudah seperti itu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih telah berkunjung.
Previous
Next Post »