5 Gaya Eksterior Ini Bisa Dijadikan Referensi Memilih Rumah di Bandung

Ilustrasi Gaya Eksterior Rumah Kontemporer

Memiliki rumah dengan desain eksterior yang indah, tentu menjadi dambaan setiap orang. Rancangan bangunan dipadupadankan oleh para arsitek, sehingga menghasilkan gaya arsitektur yang memiliki nilai seni dan budaya. Lihatlah rumah dijual di Bandung yang rata-rata memiliki ragam eksterior yang indah dan menggiurkan.

Bandung memang memiliki kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Bukan hanya wisata, namun juga pada pembangunan dan penatan kota. Ini terbukti dengan hadirnya perumahan-perumahan indah yang mulai menghiasi hampir di setiap wilayah Bandung. Ada 5 macam gaya arsitektur yang banyak digunakan pada bangunan dan dapat dijadikan referensi memilih rumah di Bandung.

1. Konsep Minimalis

Konsep ini sedang menjadi konsep yang paling diminati oleh masyarakat perkotaan. Minimalis digambarkan dengan bentuk-bentuk persegi, kubus dan geometris elementer. Konsep ini cocok diterapkan di perumahan-perumahan berlahan terbatas. Rumah-rumah di Bandung juga banyak yang dibangun menggunakan konsep ini.

Tampilan mewah, segar, dan menawan disajikan dalam bentuknya yang unik. Konstrukturalnya memang sederhana, namun dinamika warna cat yang dimainkan untuk konsep ini membuatnya lebih hidup. Dinding-dinding persegi biasanya diberi cat dengan warna-warna segar dan menyala. Ada juga yang memadukan warna hitam dan putih yang menambah kesan istimewa gaya eksterior rumah ini.

Jika Anda memilih rumah minimalis di Bandung, maka Anda perlu menyesuaikan penataan prabot rumah tangga yang juga minimalis. Keseimbangan antara warna dan bentuk prabotan harus selaras dengan warna dinding. Kunci keindahan dari rumah dengan konsep ini ialah permainan warna dan tata letak.

2. Konsep Kontemporer

Dalam dunia arsitektur, konsep kontemporer menunjukkan kepada kesan yang fleksibel, variatif dan inovatif pada bangunan. Tidak hanya dari segi tampilannya namun juga dari material dan teknologi yang digunakan untuk membangun rumah dengan konsep ini. Hal ini yang membuat konsepnya menjadi istimewa dan tidak biasa.

Rumah di Bandung juga banyak menerapkan konsep kontemporer jika dilihat dari permainan warna, nuansa, dan material yang digunakan. Kondisi alam yang sejuk membuatnya sangat berdinamika dengan konsep yang banyak menggunakan material berasal dari alam ini. Seperti kayu, batu bata, dinding batu, dan lain-lain.

Konsep ini banyak diterapkan dengan rumah-rumah bernuansa villa yang banyak ditemui di daerah Bandung dengan dataran yang lebih tinggi. Anda yang ingin memiliki rumah konsep ini tidak perlu lagi membangunnya dari awal. Rumah dijual di Bandung sudah menyediakannya dengan tawaran harga dan fasilitas yang menarik.

3. Konsep Modern

Konsep ini menggambarkan gaya hidup yang modern dengan karakter simpel namun tetap stylish. Konsep ini menonjolkan pemilihan jendela berukuran lebar dan tinggi. Terdapat pilar penyangga di depan rumah dengan jumlah terbatas. Atap yang dipilih ialah atap datar dan bentuk bangunannya asimetris.

Rumah di Bandung juga banyak yang menerapkan konsep yang hampir serupa dengan konsep kontemporer ini. Desain yang digunakan yaitu desain yang terbuka, tidak banyak dinding penyekat di dalam rumah. Unsur alumunium dan stainless sering diaplikasikan untuk jendela dan pintu rumah. Eksterior dengan gaya modern akan membuat Anda semakin modern sesuai dengan zaman sekarang.

4. Konsep Oriental

Mendengar kata oriental tentu yang terbayang ialah Asia. Ya, sesuai dengan namanya, konsep ini menempatkan ornamen-ornamen yang berbau Asia, seperti ukiran kayu pada dinding, penempatan guci-guci dan lukisan. Ciri khas dari konsep ini ialah pemilihan warna-warna netral yang memberi kesan lapang.

Gaya oriental juga diterapkan di rumah-rumah yang ada di Bandung. Material yang digunakan banyak diterapkan di rumah berkonsep alam. Material mentah bertekstur indah sering digunakan untuk menonjolkan kesan oriental. Seperti kayu rosewood, bambu, anyaman rotan, dan kayu lainnya yang memiliki tekstur indah. Anda yang menyukai nuansa rumah nan asri, maka gaya eksterior berkonsep oriental cocok menjadi pilihan Anda.

5. Konsep Mediterania

Konsep ini mengacu pada gaya kerajaan Eropa tahun 80-an. Ciri yang menonjol ialah pilar-pilar besar dan lengkungan yang ada pada dinding rumah. Pintu dan jendela yang dipilih pun berukuran besar dengan pemilihan warna yang memancarkan kesan mewah. Seperti warna coklat, merah bata, dan kuning tanah.

Rumah di Bandung juga ada yang menerapkan konsep ini. Anda bisa mencarinya di situs jual-beli rumah. Konsep ini memiliki ciri-ciri yang juga berusaha dekat dengan nuansa alam. Terbukti dengan bahan bangunan yang digunakan seperti tanah liat dan batuan alam.

Itulah 5 gaya eksterior yang dapat Anda jadikan refrensi. Apapun gaya eksteriornya, Anda dapat memilih rumah dijual di Bandung dengan sangat leluasa. Masing-masing desain memiliki keunikan dan keistimewaan. Sesuaikan dengan keinginan Anda, maka rumah akan menjadi tempat yang paling dirindukan ketika Anda bepergian.
Previous
Next Post »