Menyiapkan Perlengkapan Mendaki Untuk Pendaki Pemula

Perlengkapan Mendaki
Mendaki gunung ataupun kegiatan petualangan lainnya merupakan sebuah aktivitas olahraga berat dan terbilang ekstreme karena kegiatan mendaki gunung dilakukan di tengah alam terbuka yang tentunya masih liar dan tentunya masih banyak hewan-hewan liar yang kapanpun bisa membahayakan keselamatan Anda. Selain itu kegiatan mendaki gunung juga membutuhkan kondisi fisik yang fit dan terlatih supaya sanggup dan kuat ketika menjelajahi alam.

Pendaki yang sudah berpengalaman tentu sadar akan bahaya yang akan ditemui ketika mendaki gunung, misalnya dengan udara dingin gunung yang menusuk tulang, hembusan angin yang membekukan, kondisi hujan tanpa tempat berteduh, jalanan yang tak menentu terkadang licin terkadang berdebu dan juga kecuraman permukaan yang dapat menyebabkan Anda terjatuh ataupun resiko jatuhnya bebatuan gunung. Keadaan semacam itulah yang seharusnya diwaspadai oleh para pendaki.

Namun sering kali ketika pendaki pemula menganggap mendaki gunung sebagai sebuah rekreasi biasa tanpa sebuah persiapan yang matang baik fisik maupun perlengkapan. Karena terlalu meremehkan sebuah gunung yang didakinya adalah gunung yang populer dan cenderung mudah untuk didaki, seperti Gunung Panderman ataupun gunung gede pangrango. Sehingga mereka melupakan hal-hal penting yang harus disiapkan ketika ingin mendaki. Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi tentang apa sajayang harus disiapkan ketika hendak mendaki sebuah gunung.

1. Persiapkan mental dan fisik

Banyak orang yang melupakan hal ini padahal menyiapkan mental dan fisik adalah hal yang amat penting ketika hendak mendaki sebuah gunung. Fungsi menguatkan mental adalah supaya ketika dihadapkan dengan keadaan yang pelik ketika mendaki sang pendaki tetap maju terus pantang mundur, dalam artian berani pula mengakui keterbatasan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan menyiapkan fisik adalah demi keselamatan Anda sendiri sebab ketika mendaki sebuah gunung yang cukup tinggi kisaran 3000 mdpl hingga 4000 mdpl tentu fisik harus kuat dan fit supaya bisa menaklukkan puncak sebuah gunung.

2. Informasi tentang gunung

Ketika ingin mendaki patika Anda sudah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait gunung yang ingin didaki. Gunanya adalah supaya Anda tahu medan apakah yang akan ditempuh nanti, apakah ada mata air di gunung tersebut, ataupun terkait cerita-cerita mistis di gunung tersebut. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan tentu semakin siap juga untuk melakukan pendakian.

3. Peralatan pendakian

Jika Anda mendaki dengan banyak orang pastikan membawa kompas sebagai alat navigasi, serta peta dan altimeter.seorang pendaki juga diharuskan untuk faham membaca peta dan melakukan orientasi. Pastikan pula jika Anda mendaki secara berkelompok ada anggota yang sudah ahli tentang navigasi.

4. Peralatan pribadi

Sebagai seorang pendaki tentu harus punya perlengkapan apa saja yang harus dibawa seperti jaket gunung anti air, sandal gunung, sepatu gunung, tas carier, tas selempang, senter, tenda, sleeping bag dan matras. Semua itu adalah alat-alat yang sangat penting dan harus dibawa ketika melakukan pendakian.

5. Logistik dan obat-obatan pribadi

Ketika hendak mendaki perkirakanlah berapa hari jarak tempuh mendaki dan turun gunung,hal ini sangat penting untuk menyesuaikan logistik yang dibutuhkan, berapabanyak harus bawa beras, makanan instan dan segala macamnya. Terlebih lagi siapkan banyak botol supaya dalam tidak kehabisan bekal air minum. Pastikan juga melebihkan jumlah logistik yang akan dibawa untuk jaga-jaga.

Tak hanya logistik saja tapi pendaki juga harus membawa obat-obatan yang diperlukan. Terlebih lagi bagi pendaki yang memiliki penyakit yang tak menentu datangnya seperti asma ataupun ayan. Siapkan obat untuk berjaga-jaga. Selain itu bawalah perlengkapan p3k seperti obat merah, hansaplat dan sebagainya.

Nah itulah sedikit saran tentang apa saja yang harus dilakukan ketika hendak mendaki. Pastikan Anda melengkapi itu semua ketika hendak ingin melakukan pendakian. Dalam pendakian pun Anda harus menjaga etika dalam mendaki supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mendaki.
Previous
Next Post »