Kail Pancing dan Tips Tepat dalam Membelinya

Macam-Macam Ukuran Kail Pancing
Ketika akan memancing ada banyak yang hal yang harus dipersiapkan oleh para pemancing. Misalnya menyiapkan bahan yang akan digunakan untuk memancing baik dari bentuk joran yang tepat dengan teknik memancing yang akan dilakukan dan disesuaikan dengan tempatnya. Ada juga dengan memilih kail yang tepat dengan cara memilih mata kail pancing yang akan digunakan dengan memperhatikan tempat memancing, ikan yang akan diincar, dan juga dari cara makan ikan yang diinginkan. Pemilihan kail ini sangat penting karena dapat untuk menentukan banyaknya ikan yang nantinya didapatkan ketika memancing.

Sebelum memilih kail, Ada baiknya untuk mengetahui bagian-bagian yang ada pada kail tersebut. Bagian kail tersebut meliputi beberapa bagian seperti:
  • Eye merupakan bagian atas kail yang dapat untuk mengikat dan juga tempat pemasangan senar pancing. Sehingga apabila Anda memperhatikan kail maka bagian yang dapat dimasuki dan menjadi tempat senar tersebut adalah yang disebut dengan eye.
  • Shank merupakan bagian kail yang ada dari eye sampai bengkokan awal. Bagian ini biasanya mempunyai beberapa perbedaan yang bisa diperhatikan dari ukurannya yaitu ada yang pendek hingga yang panjang.
  • Barb merupakan bagian yang seperti cantolan dan mempunyai fungsi untuk pengait ikan agar nantinya tidak mudah lepas.
  • Point merupakan bagian yang seperti pisau tajam untuk menusuk ikan yang berhasil memakan umpan.
  • Gap merupakan bagian jarak kail dari point hingga body utama.
  • Bend merupakan bagian yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan ke bagian point.
Bagian-bagian kail pancing tersebut merupakan pengetahuan sehingga bagi Anda yang suka memancing dapat untuk memperhatikan kail yang akan dipilih. Karena kail tersebut harus diperhatikan dan dipilih dengan tepat sehingga bisa untuk menangkap banyak ikan ketika digunakan untuk memancing. Bagi yang ingin membeli kail tersebut bisa untuk membelinya di toko pancing baik secara offline ataupun di toko online dan tentunya harus memperhatikan banyak pertimbangan lainnya. Seperti beberapa tips untuk membeli kail yang tepat seperti berikut ini.

1. Material kail

Tips pertama untuk memilih kail yang akan digunakan adalah dari memilih material kail yang tepat. Bahan yang digunakan untuk membuat kail ini biasanya ada baja yang menggunakan campuran karbon, baja yang menggunakan campuran vanadium, dan juga ada bahan stainless steel. Seperti pada bahan barang lainnya bahan stainless steel merupakan bahan yang paling bagus untuk dipilih karena tahan korosi akan tetapi tentu saja harganya sedikit lebih mahal daripada harga kail dengan bahan lainnya.

2. Ukuran

Pertimbangan selanjutnya ketika memilih kail adalah dari ukuran yang tepat untuk memancing ikan yang diinginkan. Anda bisa untuk memilih ukuran kail ini dari merek kail karena setiap merek kail akan menyediakan ukuran kail yang berbeda. Oleh karena itulah pilihlah merek kail yang tepat dan perhatikan setiap ukuran yang dipunyai merek dari kail tersebut.

3. Bentuk kail

Dan pertimbangan terakhir ketika akan memilih kail pancing adalah dari bentuk dan juga jenis kail yang bisa dipilih. Dimana beberapa jenis dan bentuk kail tersebut adalah sebagai berikut:
  • Bait hooks merupakan kail yang mempunyai barb sebanyak 2 hingga 3 dan terletak pada bagian shanknya.
  • Trebele hooks merupakan kail yang mempunyai 3 kail dalam satu ikatan.
  • Siwash hook yang merupakan kail yang mempunyai panjang kail yang umum.
  • Aberdeen hooks merupakan jenis kail yang mempunyai shank yang lebih panjang daripada kail biasanya.
  • Circle hooks merupakan kail yang unik dan banyak jenis kail lainnya.
Previous
Next Post »