Ini Dia Hak Karyawan yang Patut Kamu Ketahui

Hak Karyawan
Di jaman seperti sekarang ini apabila kita bekerja pada orang lain itu berarti kita adalah karyawan untuk orang lain. Nah, apabila anda bekerja sebagai seorang karyawan maka tidak ada salahnya jika anda tahu apa hak hak anda sebagai seorang tenaga kerja atau karyawan. Banyak pekerja tidak tahu bahwa diri mereka sebenarnya dilindungi oleh UU ketenagakerjaan yang sangat protektif terhadap hak kita sebagai karyawan. Nah, di dalam artikel kami kali ini, kami akan membahas beberapa informasi mengenai apa saja yang bisa anda dapatkan sebagai seorang pekerja atau tenaga kerja berdasarkan dari undang undang mengenai tenaga kerja yang berlaku di Negara kita ini.

Hak Karyawan yang dilindungi oleh UU ketenagakerjaan

Salah satu hak karyawan yang perlu anda ketahui dan juga sudah dilindungi oleh UU ketenagakerjaan adalah hal karyawan untuk memperoleh perlakuan kerja dari pegawai lain dan juga pemilik tanpa adanya diskriminasi yang didasari oleh suku, agama, keturunan, warna kulit dan juga aliran politik. Ini perlu dan penting untuk diketahui karena memang beberapa kejadian dan kasus sering terjadi dimana karyawan mengalami perlakuan buruk entah oleh pemilik perusahaan atau teman sekerja dikarenakan oleh perbedaan warna kulit, suku, agama dan juga aliran politik. Jadi jika anda merasa mendapatkan perlakuan buruk yang tidak jelas anda bisa mengadukan ini karena hak anda dilindungi undang undang.

Selain itu jika anda bekerja dan pekerjaan anda membutuhkan ketrampilan yang khusus atau prosedur khusus, maka berdasarkan dari UU ketenagakerjaan anda berhak mendapatkan pelatihan kerja. Ini berdasarkan pada pasal 12 ayat 1 UU no 13 tahun 2013 dimana pengusaha bertanggung jawab pada peningkatan kemampuan dan kompetensi pegawai mereka yang berarti anda. Dan disini mereka wajib memberikan pelatihan kerja yang sesuai prosedur sehingga karyawan bisa melaksanakan kewajiban mereka sebagai seorang pekerja.

UU ketenagakerjaan juga memberikan perlindungan terhadap berapa lama anda bisa bekerja. Waktu kerja sendiri biasanya diatur dalam pasal 77 UU no 13 pada tahun 2013. Disini pasal menyebutkan bahwa untuk kerja 7 jam seharinya setawa dengan 40 jam dalam seminggu untuk 6 hari kerja dalam waktu 7 hari. Sementara jika anda bekerja 8 jam sehari maka itu setara dengan 40 jam seminggu dengan pandangan bekerja 5 hari dalam seminggu. Perlindungan yang diberikan oleh undang undang masih banyak lagi mulai dari cuti, istirahat dan juga perlindungan terhadap pekerja wanita. Intinya anda sebagai karyawan harus lebih cerdas menyikapi hak anda dan melaksanakan kewajiban anda sebagai karyawan. Karena di jaman seperti sekarang ini kita sebagai karyawan wajib mengetahui apa saja yang bisa kita dapatkan sehingga kita bisa melindungi hak hak kita.
Previous
Next Post »