Apa Sih Manfaat Minyak Kayu Putih Setelah Bayi Mandi?

Bunda biasanya berikan minyak kayu putih untuk si kecil setelah mandi? Tahu ga sih kenapa banyak orang tua yang menggunakan minyak kayu putih untuk si kecil terutama setelah bayi mandi. Ya, kebiasaan ini memang banyak sekali dilakukan oleh para orang tua untuk si kecil. Lalu apa sih manfaat minyak kayu putih untuk si kecil setelah bayi mandi? Simak ulasan berikut mengenai minyak kayu putih untuk si kecil.

Kayu putih ialah sejenis pohon dimana daun keringnya di olah dan menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk obat. Walaupun kayu putih digunakan untuk banyak tujuan kesehatan, namun belum ada bukti ilmiah yang menilai seberapa efektif kegunaan minyak kayu putih. Tanaman kayu putih masuk dalam anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) dan genus Melaleuca.

Mothercare, toko perlengkapan bayi yang super lengkap yang juga menyediakan berbagai lotion bayi mothercare untuk kenyamanan si kecil.

Yang bunda tahu, minyak kayu putih dapat digunakan untuk apa saja? apakah hanya untuk si kecil setelah mandi saja? Minyak kayu putih sendiri biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti sebagai lotion antiseptik yang digunakan untuk mengobati nyeri sendi (rematik) dan nyeri lainnya. Minyak kayu putih juga memiliki bau camphoraceous yang kuat seperti bau enceng gondok yang memiliki kandungan herbal. Lalu apa saja kandungan dalam minyak kayu putih dan bagaimana kasiatnya?

Tidak heran jika minyak kayu putih digunakan oleh banyak orang ketika mengalami masalah seperti pusing kepala atau gangguan lainnya. Minyak kayu putih mengandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi tubuh, seperti cineol, eucalyptol, butylaldehyde, valeraldehyde, sequiterpene, camphen globulal, pinocarveol, pinen, terpinol, serta fenchen. Apa saja manfaat dan sifat-sifat dari kandungan minyak kayu putih? Perlu diketahui bahwa minyak kayu putih memiliki kandungan:

- Dekongestan. Kandungan dekongestan bersifat untuk membantu menghilangkan sesak di dada saat dihirup melalui hidung. Jadi, ketika dihirup minyak kayu putih dapat meredakan sesak nafas.

- Antiseptik. Kandungan lain dalam minyak kayu putih yang baik untuk tubuh adalah antiseptik yang memiliki sifat mencegah infeksi pada luka. Bunda bisa berikan minyak kayu putih untuk mengobati luka si kecil akibat terlalu aktif bermain.

- Antioksidan. Selain antiseptik untuk menyembuhkan luka, minyak kayu putih juga mengandung antioksidan yang sifat dan manfaatnya adalah untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

- Antivirus. Kandungan baik yang terdapat dalam minyak kayu putih adalah antivirus yang sifatnya aktif terhadap beberapa virus. Jadi kandungan ini baik untuk mencegah adanya virus yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan kandungan-kandungan yang terdapat dalam minyak kayu putih tersebut membuat minyak ini banyak digunakan oleh masyarakat terutama untuk bayi. Bagi bayi, minyak kayu putih digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi ketika mandi. Jadi, perut, kepala dan badan bayi tetap dalam keadaan hangat.

Selain menjaga kehangatan tubuh bayi, minyak kayu putih juga biasanya digunakan untuk menghindarkan si kecil dari gigitan nyamuk dan serangga-serangga lain. Perlu diingat, penggunaan minyak kayu putih dalam bayi ini juga harus diperhatikan, jangan gunakan minyak kayu putih di daerha sensitif seperti wajah dan kulit kelamin.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang penggunaan minyak kayu putih untuk si kecil dan manfaatnya. Minyak kayu putih termasuk perlengkapan mandi bayi yang tidak boleh ketinggalan untuk dipersiapkan. Terimakasih 
Previous
Next Post »