Mengenal 8 Jenis Kecerdasan Anak Sejak Masih Kecil

8 jenis kecerdasan anak

Memiliki anak adalah harapan semua orang yang sudah menikah terlebih lagi jika anaknya lucu, menggemaskan dan cerdas tentu akan sangat bahagia keluarga tersebut, namun sebaliknya jika ternyata anak Anda ternyata terlihat kurang mahir dalam beberapa hal seperti berhitung ataupun hal lainnya dan Anda menganggapnya sebagai anak yang bodoh. Jangan terlalu cepat Anda menjudge kalau anak Anda bodoh ketika mengetahui dia kurang mahir dalam beberapa hal. Maka kenalilah jenis kecerdasan anak Anda sejak masih kecil, supaya Anda tidak salah kira terhadap anak yang Anda bangga-bangakan.

Seorang ahli bernama Howard Garner mengatakan “Tidak ada anak yang bodoh ataupun pintar, yang ada hanyalah anak yang menonjol dalam satu jenis kecerdasan.”. jadi Anda harus ketahui juga kalau pertumbuhan anak Anda tidak selamanya sama dengan anak-anak seumurannya.

Beliau juga menerangkan bahwa yang dimaksud dengan kecerdasan ini adalah sebuah kumpulan keterampilan atau keahlian yang dapat terus diasah, ditumbuhkan dan dikembangkan hingga dewasa bahkan sampai tua nanti. Jadi maksud dari kecerdasan ini bukanlah sesuatu yang tidak dapat berubah ataupun dikembangkan.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa setiap anak memiliki 8 jenis kecerdasan, berikut akan saya jelaskan jenis kecerdasan anak yang harus Anda ketahui.

1. Kecerdasan linguistik

Kecerdasan linguistik melibatkan kemampuan berbahasa anak. Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya lebih suka belajar dengan mendengarkan, suka bercerita, cepat menyerap kosa kata baru dan segala hal yang berkaitan dengan kata-kata. Jadi jelas pelajaran yang sangat dia sukai adalah pelajaran bahasa. Cara yang efektif untuk mengembangkannya adalah dengan bermain tebak-tebakan. Dengan sering memutar otak menjawab soal tebakan yang diberikan akhirnya kecerdasan linguistik ini bisa berkembang.

2. Kecerdasan Logika-Matematika

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan menganalisa masalah secara logis dan bisa juga menemukan bahkan menciptakan rumus-rumus matematika. Anak yang memiliki kecerdasan logika ini biasanya sangatlah cerewet dan selalu banyak bertanya ketika ada sesuatu yang baru dia lihat. Bahkan ketika Anda menjawabnya dengan jawaban yang nyeleneh anak dengan kecerdasan logika ini akan terus menanyakannya hingga puas dengan jawaban yang Anda berikan.

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Kecerdasan ini melibatkan kepekaan dalam melakukan pengamatan dan berfikir dalam sebuah gambaran. Anak dengan kecerdasan visual-spasial ini biasanya sangat suka dengan permainan semacam puzzle, menggambar, rubrik bahkan bermain mencari jalan keluar dalam labirin.

4. Kecerdasan musikal

Kecerdasan ini sesuai dengan namanya sehingga melibatkan kemmapuan berfikir dalam mencerna suatu musik.  Anak dengan kecerdasan ini sangat peka ketika mendengarkan musik. Bahkan tidak hanya peka ketika mendengar musik, tak jarang juga anak dengan kelebihan ini bisa memainkan salah satu atau bahkan beberapa beberapa alat musik.

5. Kecerdasan gerak tubuh

Kecerdasan ini juga biasa disebut dengan kecerdasan kinestetik yang meliputi kemampuan mengendalikan gerakan, keseimbangan bahkan ketangkasan dalam menggerakkan tubuhnya. Anak dengan kecerdasan ini sangat cocok jika dididik menjadi atlet, penari ataupun koreogrefer.

6. Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan ini meliputi kemampuannya dalam berkomunikasi dan memahami orang disekitarnya. Anak dengan kecerdasan ini biasanya akan sangat mudah menjalin hubungan dengan orang lain dan sangat peka dengan perasaan orang lain. Akan sangat cocok jika besar nanti menjadi seorang guru, mediator bahkan seorang konselor.

7. Kecerdasan inrapersonal

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan mengetahui dan memahami dirinya sendiri. Jadi dia tahu apa yang akan dilakukan, dibutuhkan, dihindari oleh dirinya. Anak dengan kelebihan ini biasanya melakukan segalanya dengan pemikiran yang sangat matang. Sehingga sangat cocok jika menjadi direktur ataupun seorang pemimpin.

8. Kecerdasan naturalis

Anak dengan kecerdasan naturalis biasanya anak sangat tertarik dengan apa yang terjadi pada lingkungan alam sekitarnya. Entah itu tumbuhan ataupun binatang yang baru saja dia lihat, tentu dia akan tertarik untuk mengamati bahkan tidak jijik ataupun takut untuk memegangnya.

Nah, itulah 8 jenis kecerdasan anak yang harus Anda ketahui supaya kedepannya anak-anak Anda bisa diarahkan sesuai dengan kecerdasannya masing-masing, tapi jangan lupa juga berikan kelonggaran kepada anak untuk melakukan apa saja yang dia inginkan. Asalkan masih termasuk dalam kegiatan yang positif.
Previous
Next Post »