5 Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak Penyedia Jasa Asuransi

Formulir Klaim Asuransi
Tujuan utama penggunaan asuransi kesehatan adalah untuk menanggung resiko bila terjadi hal yang tak diinginkan masalah kesehatan dalam keluarga. Tapi nyatanya tak sedkit dari para peserta asuransi kesehatan yang mengeluh karena klaim asuransinya yang ditolak oleh perusahaan penyedia jasa asuransi. Apa saja alasannya?

Perlu diketahui oleh para peserta asuransi mengenai sistem asuransi yang Anda ikuti, tak hanya berguna untuk mempermudah ketika ingin menggunakannya saja. Disisi lain, proses pengajuan klaim nantinya juga dipastikan akan lebih lancar tanpa hambatan ketika sudah faham dengan prosedur yang ada.

Memang prosesnya yang sedikit berbelit-belit tidak sepenuhnya salah pihak penyedia jasa asuransi. Jika Anda kurang memahami sistematis syarat pengajuan klaim maka perusahaan asuransi berhak enolak ataupun menyetujui klaim yang sudah Anda ajukan.

Karena itulah Anda para peserta asuransi harus mengetahui tatacara klaim asuransi. Sebut saja jika Anda salah satu peserta asuransi di prudential tentu Anda harus mengetahui cara klaim asuransi prudential. Begitu juga penyedia jasa asuransi lain yang Anda gunakan.

Nah kali ini saya akan berbagi beberapa hal yang membuat klaim asuransi kesehatan Anda ditolak. Simak baik-baik ya:

Klaim tidak termasuk polis asuransi

Polis asuransi yang Anda terima ketika mendaftar asuransi berisi beberapa aturan dan kesepakatan apa saja yang menjadi tanggungan pihak asuransi. Maka sebelum mengajukan klam pastikan terlebih dahulu kondisi kesehayan yang ingin Anda klaim sudah tertulis dalam polis asurasni ataukah tidak. Jika tidak tercantum dalam polis asuransi maka Anda tidak bisa mengklaimnya.

Dokumen kurang lengkap

Ketika hendak mengajukan klaim pastikan dokumen yang dibutuhan sudah lengkap karena jika dokumen Anda kurang satu saja tentu akan langsung ditolak. Dokumen ini meliputi kwitansi pembayaran selama pengobatan, surat keterangan dokter dan dokumen lainnya.

Pengajuan klaim melewati batas

Alasan ketiga adalah karena pengajuan klaim yang telah melewati batas waktu yang tertera dalam polis asuransi. Pihak asuransi manapun tentunya sudah menetapkan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim.

Polis asuransi sedang non aktif

Setiap perusahaan penyedia jasa asuransi tentu memilki jangka waktu pembayaran premi yang berbeda-beda. Itulah sebabnya ketika Anda telat membayarkan premi maka polis asuransi Anda akan ditangguhkan dan dianggap tidak aktif hingga Anda melunasi tunggakan preminya.

Tidak jujur tentang riwayat penyakit

Ketika hedak membeli polis asuransi kesehatan tentu pihak asuransi akan meminta Anda menjawab jujur mengenai seluruh informasi yang berkaitan dengan riwayat penyakit yang Anda miliki. Jangan sampai Anda tidak jujur ketika menjawab pertanyaan tersebut karena akan menjadi kendala di masa depan. Pasalnya jika dikemudian hari Anda terbukti memiliki penyakit yang sebenarya sudah dialami sebelum membeli polis asuransi tentunya klaim asuransi Anda akan ditolak oleh pihak jasa asuransi.

Nah itulah hal-hal yang membuat klaim asuransi kesehatan Anda ditolak oleh pihak penyedia jasa asuransi,karena itulah ketika hendak mengajukan klaim asuransi cek segala macam hal yang dibutuhkan sehingga klaim Anda langsung disetujui.
Latest
Previous
Next Post »